Friday, September 21, 2007

Tanya Jawab: Kecepatan Custom Animation = Very Fast?

Tanya: (via email)
Halo mas Isman, kenalkan nama saya Ali. Selain salah satu mahasiswa itb, saya baru saja membeli buku "7 dosa besar penggunaan powerpoint". Setelah membaca buku anda, ada satu kalimat yang membuat saya ingin bertanya. Pada hal 81 baris ke 2 "...jangan gunakan speed dibawah very fast..."

Apakah ini tidak akan membuat kita terlihat seperti sedang "kejar tayang?"

Mohon dibahas lebih lanjut. Terima kasih.

Jawab:
Saya senang Anda memutuskan untuk bertanya. Hal itu juga sudah pernah ditanyakan beberapa kali oleh peserta lokakarya saya dulu.

Jawabannya tidak. Pilihan Very Fast akan membuat animasi bergerak cepat. Tapi tentunya tidak membuat kecepatan berbicara kita makin tinggi. Kecepatan Very Fast akan membuat hampir tidak ada jeda antara saat kita selesai berbicara satu pesan (dengan kecepatan normal), dan pesan berikut (saat kita mengklik mouse/menekan Pg Dn).

Saya ilustrasikan biar jelas. Misalnya kita ingin menggerakkan anak panah yang menunjuk tiga benda. Kita mengakali ini dengan memunculkan anak panah, menggesernya ke benda pertama dan berhenti. Lantas, On Click, anak panah itu akan hilang. Anak panah baru akan muncul dari tempat anak panah yang lama, dan bergerak ke benda kedua. Hal serupa kita lakukan untuk benda ketiga.


Saat slide berjalan, anak panah menunjuk benda satu. Kita berbicara mengenai benda tersebut.


Lantas, sambil mengklik mouse/remote clicker, kita berbicara tentang benda kedua. Nah, jika kecepatan animasinya di bawah Very Fast, akan makan waktu minimal satu detik untuk mencapai benda berikut. Waktu ini menjadi jeda.

Ilustrasi lain: kita ingin menampilkan tiga slide gambar berturutan (yang dianimasikan dengan Fade In). Jika kita menggunakan kecepatan di bawah Very Fast, akan memakan waktu kira-kira dua detik sebelum gambarnya muncul. Ini juga jadi jeda.

Mengapa jeda sedetik dua detik ini masalah? Karena saya sudah terlalu banyak melihat pembicara yang diam dulu, menunggu gerakan selesai (atau gambar muncul), sebelum melanjutkan. Ini adalah jeda yang sia-sia. Dan membuat komunikasi kita jadi kaku, tidak mengalir lancar. Ingatlah bahwa tayangan slide itu mendukung pembicaraan kita. Bukan kita berbicara mengikuti slide.


Saya juga menulis dalam buku Tujuh Dosa Besar (Penggunaan) PowerPoint, bahwa variasikanlah jeda saat kita ingin menekankan suatu pesan. Jika kita ingin memastikan hadirin menangkap apa yang kita omongkan sebelum bergerak ke omongan selanjutnya: gunakanlah jeda.

Nah, jeda di atas itu tipe yang sia-sia. Karena kita tidak sengaja membuatnya. Itu adalah jeda akibat gambar/gerakan yang lambat. Jika ini berlangsung terus-menerus, hadirin bisa kesal.

Singkatnya:
-------------

  1. Secara umum, anjuran kecepatan Very Fast bertujuan meminimasi waktu kemunculan/animasi gambar.

  2. Kata kuncinya "umum". Karena ini bukan aturan mati. Saya sudah mencontohkan dalam perbandingan Proses Perizinan (hal. 36-39), bahwa kita bisa mengatur dalam kecepatan animasi yang lebih rendah, seperti Fast, Medium, atau bahkan Slow untuk tujuan tertentu (kecuali untuk membuat hadirin sakit kepala).

  3. Jika kita menganimasi serangkaian panjang animasi, kendalikanlah pacunya dengan mengeset On Click pada beberapa poin penghentian penting. Ini akan membantu kita untuk menyesuaikan pembahasan. Bisa saja kita ingin menambah informasi di poin tertentu.

  4. Yang paling penting: ingatlah bahwa kendali kecepatan presentasi itu ada pada kita. Bukan pada animasi.


Semoga menjelaskan. Silakan jika ada pertanyaan lagi atau masukan. Saya juga akan menghargai jika Anda ingin berbagi pengalaman berpresentasi.

6 comments:

mataharitimoer said...

Setelah saya membaca tuntas buku hebatnya kang Isman, saya langsung mikir, ternyata banyak dosa yang telah saya lakukan ketika presentasi. Khususnya kepasrahan saya terhadap template dari PPT itu. Terima kasih kang!

Oia, bisa nggak saya mendapatkan SATU saja contoh file PPT-nya kang Isman, buat bukti kalau memang PPT kang Isman bebas dari 7 dosa itu. File itu akan saya distribusikan kepada anak didik saya yang memang sedang saya pengaruhi agar mau membeli buku kang Isman. Hehehe…

Tolong ya kang!

the fool said...

Mas MT yang baik, terima kasih atas apresiasinya. Saya sudah membalas email Mas: intinya, saya gagal terus mengirimkan file PPT tersebut (karena ukurannya sekitar 5MB). Akan lebih mudah jika saya mengirimkannya dalam bentuk CD.

Tolong pmailkan saya alamat kirim Mas.

Manchester United fans said...

hmm bukannya bisa diset waktu munculnya animasi? memang ada saatnya animasi itu harus cepat tampil dan harus menyesuaikan ditampilkannya, Saya kurang setuju jika semuanya itu harus serba dicepatkan, bisa dilihat pada image (sudah saya very fastkan -->upload di lokal :P)bahwa ada trik untuk mengatur tampilan dengan adanya bantuan delay !

http://pub.indoupload.net/k2620/4k33x_KurangSetujuJikaHarusVeryFast.jpg

bagaimana dengan tampilan animasi font, aku rasa ini sama parahnya jika ada presentan yang menggunakan animasi yang terlalu berlebihan,terlepas dari itu meskipun hasil akhir dari presentasi adalah bagaimana mendapatkan decak kagum dan pemahaman dari audience, akan tetapi bentuk presentasi tidak harus, seperti mahasiswa yang mengadu ke Mas MT kan? kyk dikejar-kejar waktu! oia selain itu spek komputer/laptop juga ikut mempengaruhi bukan?

Manchester United fans said...

wah kepotong yaa urlnya

http://pub.indoupload.net/k2620/4k33x_KurangSetujuJikaHarusVeryFast.jpg

isman said...

Manchester United Fans:
"hmm bukannya bisa diset waktu munculnya animasi? memang ada saatnya animasi itu harus cepat tampil dan harus menyesuaikan ditampilkannya, Saya kurang setuju jika semuanya itu harus serba dicepatkan,.."

isman:
Betul sekali, Manchester United Fans. Memang harus sesuai penampilan. Karena itulah ada pilihan "with previous", "after previous", dan "on click".

Inti dari anjuran ini adalah jangan memperlambat penampilan karena animasi yang lambat. Kita bisa memunculkan jeda dengan membuat presentasi menunggu masukan kita melalui "on click", misalnya.

Dan kata kuncinya adalah "anjuran". Kasus khusus selalu ada. Misalnya, bisa saja kita lihai menyesuaikan tempo berbicara kita dengan waktu animasi, seperti Lawrence Lessig. Kalau begitu, silakan saja variasikan kecepatan animasi masing-masing objek dengan tempo kita. Karena sama sekali tidak ada "on click".

Oh, ya... belum bisa lihat file-nya nih. Nama file bagian belakangnya belum tahu--masih kepotong.

Anonymous said...

mslah filena..(http://rior06.student.ipb.ac.id)